Search This Blog

Saturday 3 November 2012

5 cara yang bagus untuk meningkatkan daya ingat

Fajar Lesmana | Minggu, 15 April 2012
5 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat - Bagi anda yang pelupa atau susah mengingat, atau juga ingat tapi beberapa lama kemudian lupa lagi ? jangan khawatir saya akan memeberikan solusi masalah yang anda alami dalam hal mengingat. Daya ingat memang sangat penting bagi kehidupan mulai dari pelajaran, pekerjaan dan tugas-tugas lainnya, jika anda tidak mempunyai daya ingat yang kuat, tentunya itu akan membuat anda menderita.

Coba bayangkan saja oleh anda, hidup itu tidak akan lepas dari masalah, dan jika daya ingat kita kurang, tentunya akan menyebabkan masalah itu tak kunjung selsai, jadi betapa penting nya daya ingat yang kuat itu, baikah langsung saja bagi anda yang mempunyai masalah dalam hal mengingat, saya punya sedikit solusi yang mungkin saja bermanfaat bagi anda.

Berikut 5 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat :

FOLLOW US ON
 
1. Jangan Menyerah Untuk Terus Belajar Menghafal 
Dalam hal menghafal daya ingat sangat berperan penting, karena dengan daya ingat yang kuat menghafal pun akan sangat mudah, begitupun sebaliknya. Dan dengan terus berlatih menghafal makan daya ingat pun akan semakin bertambah, tentunya jangan putus asa.

2. Banyak-banyak bermain Game Asah Otak.
Game Asah Otak memang banyak, dan biasanya didalam game tersebut ada beberapa jenis, mulai dari menghitung cepat, dan menghafal dengan hitungan waktu, dengan sering-sering memainkan Game asah otak ini, daya ingat kita akan terlatih dan semakin meningkat.

3. Berjalan Kaki
Penelitian menunjukkan bahwa pusat ingatan di otak yang disebut hippocampus menyusut seiring usia. Namun penelitian pada tahun 2011 memberikan kabar bagus: orang dewasa yang beranjak tua yang rutin melakukan jalan kaki dapat mempertahankan volume hippocampus.

Penelitian yang dipimpin oleh Arthur Kramer dari University of Illinois-Urbana Champaign itu melibatkan 60 orang dewasa berusia 55 sampai 80 tahun. Mereka melakukan jalan kaki tiga kali seminggu masing-masing selama 40 menit.

Aktivitas yang cukup untuk meningkatkan denyut jantung mereka. Peserta lain sejumlah yang sama melakukan latihan pengencangan otot latihan beban, yoga, dan peregangan, dalam intensitas yang sama.

Setelah setahun pengencangan, anterior hippocampus peserta hilang sedikit di atas 1 persen dari volumenya, secara rata-rata. Sebaliknya, setahun latihan aerobik membuat peningkatan sekitar 2 persen pada volume anterior hippocampus, membalikkan penuaan alami hippocampus selama sekitar dua tahun.

Ilmuwan percaya bahwa hal itu disebabkan oleh imbas latihan yang menimbulkan stres ringan yang memicu produksi faktor pertumbuhan di otak. Kemungkinan juga karena aliran darah yang lebih besar ke otak sehingga semakin banyak nutrisi dan oksigen yang dihantarkannya.

4. Tidur
Dalam skala penelitian di lab menggunakan tikus, saat tikus tidur, dua area di otak – hippocampus dan medial prefrontal cortex, area yang berkaitan dengan pengambilan ingatan dari masa lalu (baik di manusia atau tikus) – berputar menayangkan kejadian-kejadian sepanjang hari itu. Proses ini dipercaya sangat penting untuk mengonsolidasikan dan merapikan file-file ingatan-ingatan baru yang terbentuk.

5. Konsumsi Makanan Yang Kaya Akan Antioksidan.
Untuk menjaga ingatan tetap muda meski otak mulai menua, ilmuwan menyarankan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti blueberry, apel, pisang, sayuran berwarna hijau tua, bawang, dan wortel.

Antioksidan merupakan molekul yang dengan mudah mengikat dan menetralkan elektron yang disebut dengan “radikal bebas” yang berkeliaran secara bebas di aliran darah. Radikal bebas ini bertambah seiring usia dan bisa membunuh otak.

Yang kedua, sebagian besar otak terbuat dari lemak sehat, termasuk yang paling penting adalah omega-3. Agar otak bisa memperbaiki dirinya sendiri dan neuron-neuron tersambung dengan benar, kita harus memberikan makanan yang tepat buat otak. Nah, omega-3 ditemukan di banyak jenis ikan dan kacang-kacangan.

Dan itulah 5 Cara Efektif meningkatkan Daya Ingat, semoga artikel diatas bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment