Search This Blog

Saturday 13 May 2017

TIPS CARA MEMILIH JURUSAN KULIAH AGAR TIDAK SALAH JURUSAN



halo guys selamat datang kembali di blog saya, sekarang saya akan membahas tentang bagai  mana cara memilih jurusan yang tepat saat ingin masuk perguruan tinggi....
mungkin bagi teman-teman yang ingin kuliah dan ikut tes perguruan tinggi boleh lanjut ajah bacanya, jangan sampai nanti  nyesel kalo salah ambil jurusan. emang sih salah jurusan bukan hal yan besar bagi orang-orang yang bisa beradaptasi dengan kondisi dan situasi, tapi biasannya jika salah jurusan kuliah pun jadi tidak karuan, tidak semangat, tidak faham dengan mata kuliahnya,, dll....
tapi tenang ajah itu semua juga tergantung sama rezeki, nasib dan takdir. jadi jika sudah slah jurusan, tetap semangat ajh kuliah y, Allah punya cara sendiri yang indah untuk hambanya,,,,,,,,,,,,,
ok langung ajh berikut adalah beberapa tips untuk memilih jurusan.



 (kampus unitri malang)
1. MINAT
langkah yang harus anda lakukan sebelum memilih jurusan terlebih dahulu lihat minat, karena ini sangant mempengaruhi semangat serta kualitas diri mu saat kamu menjalani proses perkuliahan. cari info mengenai jurusan yang anda minati sehinga anda memiliki gambaran buat kedepannya.

2.LIHAT KEMAMPUAN.
langakah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah pahami kemampuan diri anda sendiri,  karena jika anda tidak memahami kemampuan diri anda sendiri mungkin saja kamu bisa merasakan bagaimana menjadi mahasiswa yang salah jurusan. karena kebanyakan kalangan mahsiswa yang salah jurusan dikarenakan tidak faham dengan kemampuannya sendiri. jadi usahakan lihat terlebih dahulu kemmapuan anda sendiri dulu.

 3. MOTIVASI DIRI
cari tahu keinginan anda serta motivasi anda mengambil suatu jurusan, karena moivasi sangat mampu memberikan semangat kepada anda dalam menjalani proses saat di bangku kuliah, usahakan motivasi tersebut adalah tujuan masa depan anda yang ingin anda wujudkan.

4.SPIRITUAL/PENDEKATAN DENGAN AGAMA
lakukanlah pendekatan dengan ALLAH SWT, banyak mengadu kepadanya tentang setiap masalah yang kamu hadapi, karena tanpa agama pun hidup yang dijalani akan terasa hampa,dan tidak tahu arah mana yang akan di tuju.

5.SARAN DARI ORANG TUA, GURU SERTA TEMAN DEKAT.
Mintalah saran kepada orang tua anda, guru anda,serta teman terdekat anda. belajar dengarkan saran, siapa tahu orang terdekat anda juga tahu kehebatan dan kelebian dari diri anda sendiri yang bellum anda ketahui.

6.LIHAT PELUANG DAN LAPANGAN PEKERJAAN.
liahat lah sekeliling anda,apa masih ada peluang lapangan pekerjaan untuk jurusan tersebut hingga 5 tahun kedepan, bacalah peluang tersebut, dan bukan hanya memikirkan apa yang diinginkan.


itulah beberpa tips dari saya mengenai bagaimana cara memilih jurusan kuliah yang tepat, pesan saya jika suatu saat nanti kalian juga masih menjadi mahasiswa yang masuk keprodi yang salah jurusan, tetap semangat kuliahnya, rajinlah bertanya dan jangan hanya diam, semangat terus dalam mennuntut ilmu. karena tidak ada yang mustahil di dunia ini......

wasalamualaikum warohmatullahi wabarokattuh....
 

No comments:

Post a Comment